Contoh Pidato ( ZoSS )

Posted on

Gambar

Assalamu’alaikum wr. Wb

Kepada Yth. Walikota kota Tegal bapak Ikmal Jaya.

Yang saya hormati wakil walikota kota Tegal bapak habib ali beserta jajarannya,

Serta para bapak/ibu peserta sosialisasi ZoSS (Zona Selamat Sekolah) yang saya hormati.

            Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat allah yang maha kuasa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal’afiat. Dan tak lupa juga sholawat serta salam selalu kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, karena atas jasa beliau, kita dituntun dari jaman kegelapan menuju jaman yang  terang benderang seperti saat ini.

            Hadirin sekalian yang saya hormati,

Anak – anak Sekolah Dasar adalah kelompok rentan pengguna jalan. Mereka belum dapat merespon bahaya secara cepat dan tepat. Hal ini dikarenakan kecerdasannya belum sepenuhnya berkembang, baik itu kecerdasan kinetik, spasial, linguistik, musikal, matematik, interpersonal maupun intrapersonal. Karenanya mereka adalah kelompok yang harus dimengerti dan dibantu. Sayangnya pengguna jalan lain tidak responsif terhadap keadaan ini. Ada kecenderungan pengemudi kendaraan bermotor tidak mau memberi hak jalan (to yield) kepada pejalan kaki yang jelas – jelas dalam situasi mempunyai hak jalan dan pengemudi mempunyai cukup waktu untuk berhenti.

Beranjak remaja, anak-anak mulai berinteraksi dengan angkutan umum dan menjadi pengemudi pemula. Pengaruh lingkungan seperti kelompok teman bermain (peer group) sangat mendominasi. Maka sudah selayaknya mereka sejak dini dibekali pengetahuan dan nilai-nilai kebenaran yang kelak akan mengejawantah dalam perilakunya. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) diterapkan sebagai upaya dalam mencegah dan menanggulangi kecelakaan lalu lintas di sekitar sekolah melalui pendekatan komprehensif 4 M yaitu Motivasi, Mendidik, Menegakkan Hukum, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas.

Motivasi yaitu memotivasi anak-anak untuk berjalan kaki, bersepeda, maupun menggunakan kendaraan umum dengan selamat melalui kegiatan ekstrakulikuler, serta memotivasi guru dan orangtua untuk menjadi tokoh panutan.

Mendidik yaitu mendidik anak-anak, guru, orangtua murid, masyarakat, media massa tentang peraturan berlalu lintas dan lingkungan sehat.

Menegakkan Hukum yaitu menerbitkan dan menyempurnakan peraturan lalu lintas, serta mensosialisasikan dan menegakkan peraturan yang telah ada.

Manajemen dan Rekayasa yaitu menciptakan lingkungan bagi anak-anak maupun orang dewasa untuk berjalan kaki, bersepeda maupun menggunakan angkutan umum dengan selamat melalui manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Hadirin sekalian,

Anak – anak perlu bimbingan dan pelajaran berlalu lintas dari orang tua sejak dini. Dengan bimbingan dari orangtuanya, anak – anak akan mengikuti apa yang dikatakan oleh orangtuanya. Peran orang tua memberikan bimbingan hanya sebatas dirumah. Disekolah, peran guru juga sangat penting dengan memberikan pelajaran berlalu lintas yang baik dan benar. Zona Selamat Sekolah yang dipasang dijalan depan sekolah mengajarkan para anak – anak SD untuk tertib berlalu lintas.

Dengan terciptanya generasi muda bangsa yang tertib berlalu lintas, maka kedepannya lalu lintas di Indonesia akan semakin baik dan kejadian kecelakaan yang selama ini menjadi momok menakutkan di jalan akan menjadi berkurang karena kesadaran akan keselamatan berlalu lintas. Mari kita bersama – sama membangun karakter bangsa yang tertib akan berlalu lintas yang dimulai dari mendidik anak – anak sejak dini.

Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan dalam pengucapan kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wabillahi taufiq walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tinggalkan komentar